Ini Deretan Kelebihan Realme C21Y beserta Kelemahannya


Tunggu OM masih loading

Ikut GiveAway THR

Terimakasih Telah MengKlik
Ini Deretan Kelebihan Realme C21Y beserta Kelemahannya


Pengguna smartphone kini dihadapkan pada begitu banyak pilihan tipe ponsel. Salah satunya datang dari Realme yakni tipe C21Y. Realme C21Y tentu saja hadir ke pasaran dengan spesifikasi yang memuaskan meskipun memang ada beberapa kekurangan. Kali ini akan dibahas apa saja kelebihan serta kekurangan dari tipe smartphone tersebut.

Kelebihan

Smartphone C21Y dirilis sebagai ponsel entry-level yang dipersiapkan dengan fitur-fitur menarik. Meskipun harganya terbilang murah meriah namun ponsel ini tetap mampu diandalkan untuk pemakaian sehari-hari. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh tipe ponsel ini:

1. Ukuran Layar yang Luas

Kelebihan pertama yang bisa langsung terlihat dari perangkat smartphone ini adalah ukuran layarnya yang terbilang begitu luas. Di zaman sekarang ini, ukuran layar standar sebuah smartphone adalah 6 inci. Sementara itu C21Y hadir dengan ukuran layar yang lebih besar yaitu 6,5 inci. Jadi jelas sudah bahwa ponsel ini memang ingin menghadirkan kepuasaan pengguna terutama saat menonton video.

Selain ukuran layarnya lebar, smartphone ini juga memiliki kualitas layar yang memuaskan. Layar yang digunakan memiliki resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Jenis panel yang digunakan adalah IPS LCD, standar untuk smartphone kategori entry-level. Selain itu level kecerahan layarnya mencapai 400 nit dan level ini masih sangat mengakomodasi penggunaan smartphone di luar ruangan atau outdoor.

2. Performa Chipset Bagus

Keunggulan lainnya dari perangkat smartphone ini adalah chipset yang memiliki performa bagus.  Jelas sekali bahwa kualitas chipset akan berpengaruh langsung pada performa smartphone saat digunakan. Realme mencoba menghadirkan smartphone terjangkau dengan performa yang lumayan tangguh lewat C21Y ini.

Chipset yang digunakan pada perangkat Realme C21Y adalah chipset Unisoc T610. Chipset ini diketahui memiliki fabrikasi 12 nm dan punya konfigurasi 8 inti. Berdasarkan jumlah inti dan fabrikasinya, chipset ini memiliki spesifikasi yang sama dengan MediaTek Helio G35. Hanya saja Unisonic T610 ini sudah memiliki desain yang lebih modern sehingga diharapkan bisa menghasilkan performa yang jauh lebih baik.

3. Daya Baterai yang Besar

Bagi pengguna smartphone, kapasitas baterai merupakan poin yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebagian besar masyarakat saat ini butuh smartphone dengan daya baterai yang besar sehingga akan awet dipakai. Perangkat C21Y ini hadir dengan kapasitas baterai yang terbilang besar yaitu 5000 mAh.

Kapasitas ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk pemakaian standar atau pemakaian sehari-hari. Apalagi ponsel ini sudah memiliki kualitas layar dengan resolusi HD+ sehingga konsumsi daya juga jadi jauh lebih hemat. Menariknya lagi, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi reverse charging yang memungkinkannya berperan sebagai power bank.

4. Fitur Kamera yang Lumayan Bagus

Meskipun masuk ke kategori smartphone entry-level, perangkat ponsel C21Y  ini ternyata punya fitur kamera yang lumayan memuaskan. Di bagian bodi belakang terdapat tiga lensa kamera dan satu lampu flash. Tiga kamera belakang terdiri dari lensa utama resolusi 13 MP dan dua lensa lainnya dengan resolusi 2 MP.

Sementara itu di bagian bodi depan perangkat ini terdapat sebuah kamera swafoto yang memiliki resolusi 5 MP. Baik kamera depan maupun belakang smartphone ini sama-sama bisa melakukan perekaman video 1080p di 30 fps. Hasil foto dan video yang tertangkap oleh kamera smartphone ini juga tergolong memuaskan karena warna-warnanya cukup jelas juga detail.

5. Ada Slot MicroSD dan Jack Audio

Sebenarnya keberadaan slot SIM dan jack audio menjadi hal yang sangat biasa untuk jenis smartphone yang rilis di masa lampau. Saat ini kebanyakan smartphone kelas menengah juga kelas atas sudah meninggalkan keberadaan slot microSD. Bagi pengguna yang seringkali butuh memori tambahan, keberadaan slot microSD ini jelas menjadi sebuah kelebihan tersendiri.

Realme C21Y tampaknya enggan menghilangkan fitur ini demi memuaskan penggunanya. Smartphone ini masih dilengkapi dengan slot microSD yang bisa digunakan kapan saja. Selain itu, slot microSD ini tidak hybrid sehingga pengguna dapat memasang dua kartu SIM dan satu kartu microSD. Ponsel ini juga hadir dengan jack audio yang membuat pengguna bisa dengan mudah menggunakan earphone berkabel.

6. Disertai Sertifikasi TUV Rheinland

Perangkat smartphone Realme yang satu ini sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland. Dengan adanya sertifikasi ini maka perangkat C21Y telah terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik. Poin durabilitas ini juga sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan selain fitur juga spesifikasi yang dibawa oleh sebuah perangkat smartphone.

Menurut hasil pengujian, didapatkan hasil bahwa perangkat C21Y ini sangat awet bahkan bisa bertahan setidaknya selama 3 tahun pemakaian. Hasil pengujian ini dilakukan dengan beberapa jenis skenario yaitu uji ketahanan komponen, uji pemakaian harian, serta uji pemakaian saat kondisi ekstrem.

Kelemahan

Sebagai ponsel dengan harga yang relatif terjangkau, bukan hal yang aneh jika Realme C21Y ini memiliki banyak kelemahan. Realme tentu tak bisa menghadirkan semua kelebihan dalam satu smartphone dengan harga yang murah. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang bisa ditemui pada C21Y:

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Meskipun fitur kamera pada ponsel ini terhitung bagus namun ternyata ada kelemahan di dalamnya. Perangkat ini tidak dilengkapi dengan lensa ultra wide yang dinilai lebih fungsional dibandingkan lensa makro dan lensa sensor kedalaman. Jika ada lensa ultra wide pada perangkat ini maka sudah pasti hasil pengambilan gambar dan video akan jauh lebih baik juga berkualitas.

2. Port USB Jadul

Kelemahan lain yang cukup disayangkan dari smartphone ini adalah port USB yang masih memakai model atau tipe jadul. Padahal saat ini ada standar port USB untuk tipe smartphone baru yaitu port USB type-c. Sayangnya C21Y tidak mengikuti standar tersebut dan masih menggunakan port USB yang lama. Hal ini membuat pengguna cukup sulit mengecas ponsel apalagi jika tidak membawa charger atau kabel sendiri.

3. Pengisian Daya Cukup Lama

Ponsel ini memang memiliki daya baterai yang besar, namun sangat disayangkan belum ada fitur fast charging yang menyertainya. Ponsel ini masih membutuhkan waktu lama untuk melakukan pengisian daya. Tentunya ini menjadi sebuah kelemahan yang cukup fatal dari C21Y mengingat sekarang ada banyak perangkat smartphone yang sudah dilengkapi fitur fast charging.

Smartphone C21Y ini hanya memiliki keterbatasan daya 10 W saat pengisian. Ini bisa diketahui lewat tulisan yang ada pada adaptor yakni 5 Volt 2 Ampere. Karena itulah smartphone ini tidak begitu direkomendasikan untuk pengguna yang punya mobilitas tinggi dan tak punya cukup waktu untuk menunggu proses pengisian daya smartphone.

Itulah deretan kelebihan dari perangkat smartphone Realme C21Y beserta kelemahan yang dimiliki. Ponsel ini memang dibanderol dengan harga terjangkau yaitu Rp1,7 jutaan, namun bukan berarti kualitasnya sangat buruk. Di samping semua kekurangan yang ada, C21Y tetap bisa jadi pilihan perangkat yang efektif digunakan untuk aktivitas sehari-hari.