Mengulik Kelebihan Fitur Realme Narzo 50i beserta Kekurangannya


Tunggu OM masih loading

Ikut GiveAway THR

Terimakasih Telah MengKlik
Mengulik Kelebihan Fitur Realme Narzo 50i beserta Kekurangannya


Realme hadir sebagai salah satu pilihan produk smartphone terbaik di tanah air. Brand ini telah meluncurkan banyak tipe dan salah satunya adalah Realme Narzo 50i. Smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni 1,5 jutaan saja di pasaran. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai kelebihan serta kekurangan apa saja yang ada pada perangkat Narzo 50i.

Kelebihan

Mari bicarakan dulu kelebihan fitur yang ditawarkan oleh Narzo 50i. Smartphone ini memang masuk ke kelas entry-level dengan harga yang bisa dibilang murah. Namun, ada banyak fitur menarik yang coba ditawarkan oleh Realme di sini. Berikut adalah beberapa kelebihan fitur atau spesifikasi yang diusung oleh Narzo 50i:

1. Kualitas Layar Bagus

Kelebihan pertama yang langsung bisa dinikmati oleh pengguna begitu menggenggam Narzo 50i adalah ukuran dan kualitas layar yang memuaskan. Perangkat smartphone ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan tipe IPS LCD. Dilihat dari ukurannya, smartphone ini memiliki layar yang cukup lebar dan sangat cocok untuk digunakan menonton video maupun bermain game.

Selain ukurannya memuaskan, Narzo 50i juga hadir dengan kualitas gambar yang sangat baik. Layar smartphone ini dibekali resolusi 720 x 1600 piksel dengan1 16 juta warna. Cukup bagus untuk jenis smartphone yang masuk kalangan menengah ke bawah. Kualitas layar dari smartphone ini sudah bisa dikatakan lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

2. Kapasitas Baterai Besar

Perangkat smartphone ini juga dinilai unggul berkat kapasitas baterai yang dimiliki cukup besar. Realme melengkapi smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Nilai ini tentunya cukup besar apalagi untuk perangkat di kelas entry-level. Mengikuti tren smartphone masa kini, Realme Narzo 50i juga hadir dengan daya baterai yang bisa awet digunakan.

Melalui pengujian yang telah dilakukan oleh pihak Realme, diklaim bahwa handphone ini punya jangka waktu bertahan yang sangat panjang. Bahkan disebutkan bahwa Narzo 50i ini dapat bertahan menyala dalam waktu 43 hari hanya setelah satu siklus pengisian daya. Tentu saja hasil pengujian ini didapatkan dengan kondisi pemakaian smartphone yang normal sehingga memang cocok untuk dibawa beraktivitas sehari-hari.

3. Desain Simple dan Stylish

Narzo 50i ini juga hadir dengan desain yang sangat simple namun stylish. Sama seperti smartphone kekinian lainnya, perangkat ini mengusung kesederhanaan namun tetap kece untuk dibawa beraktivitas. Realme merilis smartphone ini dalam dua pilihan warna yakni mint green dan carbon black. Keduanya sama-sama stylish dan modern cocok untuk anak muda masa kini yang ingin tampil percaya diri dengan smartphone-nya.

Bodi smartphone ini juga terbilang praktis untuk dibawa berpergian. Dimensi bodi smartphone Narzo 50i ini adalah 165.2 x 76.4 x 8.9 mm. Kemudian beratnya mencapai 195 gram yang artinya cukup ringan untuk dibawa-bawa. Secara fisik, perangkat ini cocok sekali bagi anak muda masa kini yang butuh smartphone entry-level untuk pemakaian sehari-hari.

4. Kapasitas Memori Luas

Ponsel Realme Narzo 50i juga unggul jika dilihat dari kapasitas memori yang dimiliki. Ruang memori yang tersedia cukup besar yaitu 64 GB. Dengan kapasitas ROM ini, pengguna bisa secara leluasa menyimpan berbagai data. Selain dirilis dalam tipe dengan ROM berkapasitas 64 GB, ponsel ini juga hadir dengan pilihan ROM 32 GB. Sementara itu kapasitas RAM yang ditawarkan adalah 2GB dan 4GB.

5. Ada Fitur Menarik

Sebagai smartphone kelas entry-level, Narzo 50i telah dibekali fitur yang sangat menarik. Fitur pertama yang menarik dari perangkat ini adalah Ultra Mode Hemat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghemat konsumsi baterai. Pengguna Narzo 50i yang memiliki kesibukan tinggi dan butuh pemakaian ponsel dalam jangka waktu panjang bisa mengandalkan fitur ini.

Selain Ultra Mode Hemat ada juga fitur Reverse Charging. Fitur yang satu ini memungkinkan proses pengisian daya terbalik. Artinya, perangkat Narzo 50i ini bisa digunakan sebagai power bank yang akan mengisikan daya ke perangkat lain. Agar bisa menikmati fitur ini, pengguna perlu menggunakan kabel OTG sebagai penghubung.

Kekurangan

Sebuah perangkat smartphone memang pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Apalagi untuk jenis smartphone entry-level dengan harga terjangkau. Pasti akan ada banyak kekurangan yang menyertainya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh perangkat Realme Narzo 50i:

1. Fitur Kamera Seadanya

Salah satu kekurangan yang sangat mencolok dari perangkat smartphone ini adalah kemampuan fitur kameranya cukup terbatas. Bahkan bisa dikatakan bahwa Realme membekali perangkat ini dengan fitur kamera yang sangat sederhana. Ada juga yang mengibaratkan fitur kamera di Narzo 50i hanya sekadar melengkapi dan sebagai syarat smartphone.

Tidak seperti kebanyakan kamera masa kini, Narzo 50i hanya memiliki 1 buah kamera belakang. Sebenarnya tidak masalah jika memang ingin menggunakan 1 kamera belakang. Poin yang menjadi kesalahan fatal dari Realme adalah 1 kamera ini memiliki resolusi lensa yang cukup buruk yakni hanya 8 MP padahal kamera ini merupakan kamera utama.

Sementara itu untuk kamera depannya, Narzo 50i ini juga terbilang mengecewakan karena hanya memiliki lensa dengan resolusi 5 MP. Jika dibandingkan dengan smartphone lain yang masih satu level dengan Narzo 50i maka resolusi lensa ini terbilang tidak memuaskan. Namun jika memang hanya digunakan untuk video call, lensa kamera depan ini masih cukup memadai.

2. Tidak Menyertakan Pelindung Layar

Kelemahan lain yang dibawa oleh perangkat smartphone Narzo 50i adalah tidak ada pelindung layar. Sebenarnya pelindung layar ini merupakan fitur tambahan namun punya fungsi yang sangat penting. Tentunya pengguna tidak ingin layar smartphone-nya rusak padahal masih baru saja digunakan.

Keputusan Realme untuk tidak menyertakan pelindung layar ini sebenarnya sangat mengecewakan. Tentu akan jadi sangat baik apabila Narzo 50i ini dilengkapi pelindung layar sehingga tidak mudah tergores. Jika memang ingin menggunakan pelindung layar maka pengguna harus membelinya secara terpisah.

3. Menggunakan Port USB 2.0

Di zaman sekarang ini tampaknya sudah jarang perangkat smartphone dengan port USB 2.0. Sebagian besar perangkat smartphone masa kini sudah memakai USB type-C meskipun masuk ke dalam kategori entry-level. Tentu saja sebenarnya Realme bisa jauh lebih baik jika menggunakan USB type-C ini dalam perangkat Narzo 50i.

Jika menggunakan USB type-C, maka transfer data bisa berlangsung lebih cepat. Selain itu pemakaian tipe USB ini juga jauh lebih awet dan tentu saja lebih modern menyesuaikan perkembangan zaman. Port USB 2.0 ini dinilai sangat ketinggalan zaman dan kurang memadai kebutuhan pemakaian masa kini.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang ada pada perangkat smartphone Realme Narzo 50i. Meskipun masuk ke dalam kategori entry-level dan harganya juga tergolong murah, namun ponsel ini tetap bisa jadi pilihan. Pemakaian sehari-hari yang tergolong ringan tetap bisa difasilitasi dengan baik menggunakan perangkat satu ini meskipun pada beberapa sisi masih ada kekurangan.